Pengertian Sains Dan Teknologi


 

Sains merupakan ilmu yang mempelajari alam semesta beserta seluruh isinya. Seseorang yang ahli di bidang sains dikenal dengan sebutan saintis.

 

Teknologi adalah suatu sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Teknologi merupakan penerapan sains yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai contoh, pada abad-abad sebelum ada alat bedah canggih, seorang pasien yang memerlukan operasi pembedahan harus menghadapi alat-alat operasi yang mengerikan. Hal itu membuat nyalinya ciut dan dapat mengakibatkan sakitnya makin parah. Dengan adanya perkembangan sains dan teknologi, alat bedahpun makin “ramah”. Pasien tidak takut lagi menghadapi operasi pembedahan. Selain itu, keberhasilan operasi pembedahan pun semakin meningkat.

 

 

 

 

 

 

 

Peranan Sains Dan Teknologi Dalam Kehidupan Manusia

 

Sains dan teknologi lahir dari hasil pemikiran manusia. Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari sains dan teknologi. Tahukah kalian bagaimana hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat ?

Beruntunglah kita dapat menikmati hasil perkembangan teknologi saat ini. Kita dapat mencegah menularnya suatu penyakit dengan vaksinasi, mengetahui jenis kelamin janin sejak masih dalam kandungan, atau kita dapat mengganti organ tubuh yang sudah tidak berfungsi melalui teknik cangkok organ. Coba bayangkan jika seandainya kalian hidup pada zaman dahulu ketika sains dan teknologi belum maju. Kita mungkin tidak dapat berbuat apa-apa ketika suatu wabah penyakit menyerang. Kita mungkin hanya menunggu giliran kapan penyakit itu hilang atau mungkin hanya menunggu kematian.

Hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat sangat erat dan bahkan tidak dapat dipisahkan. Teknologi dan hasil penemuan di bidang sains menjadi tidak berarti jika tidak dapat di terapkan dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, hasil penelitian sains dan teknologi harus di sebarluaskan kepada masyarakat. Dengan cara seperti ini, diharapkan suatu penelitian dapat cepat diketahui sekaligus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut contoh keterkaitan antara sains, teknologi, dan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sifat Sains Sebagai Ilmu

 

  1. a.       Sains Bersifat Pasti

Sains dikatakan ilmu pasti jika hasil suatu penelitian selalu sama walaupun dilakukan pada tempat yang bebeda. Namun, syarat objek dan metode yang digunakan sama.

 

Contoh :

Reaksi fotosintesis selalu sama walaupun terjadi pada tumbuhan yang hidup di tempat yang berbeda, misalnya dataran tinggi dan dataran rendah.

 

 

6CO₂ + 6H₂O                             C₆H₁₂O₆ + 6O

 

 

 

  1. b.      Sains Bersifat Nisbi

Sains terkadang bersifat nisbi. Hal ini terjadi ketika suatu konsep hasil penelitian terbantahkan dengan adanya konsep baru yang didukung dengan bukti-bukti dan penelitian yang lebih dapat dipertanggungjawabkan.

 

Contoh :

Dahulu makhluk hidup hanya dibagi menjadi dua golongan, yaitu hewan dan tumbuhan. Ketika itu, jamur masuk dalam golongan tumbuhan. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan sains, penggolongan makhluk hidup pun bergeser. Adanya penemuan baru itu, suatu golongan mungkin masuk ke golongan lainnya, atau menjadi golongan tersendiri. Sebagai contoh, munculnya penggolongan atau klasifikasi baru menurut Whittaker. Menurut Whittaker, makhluk hidup digolongkan menjadi lima, yaitu monera, protista, jamur, tumbuhan, dan hewan. Dari contoh itu jelas bahwa jamur yang semula masuk golongan tumbuhan, akhirnya menjadi golongan tersendiri.

 

 

  1. c.       Sains Bersifat Terbatas

Sampai detik ini sudah banyak sekali hasil temuan-temuan baru dibidang sains dan teknologi. Namun demikian, hingga saat ini pula masih banyak permasalahan yang belum dapat diatasi dengan sains.

 

Contoh :

Manusia selalu ingin tampak awet muda. Berbagai usaha dilakukan untuk tetap tampil segar dan menarik. Namun, sains belum mampu menemukan gen yang dapat mencegah penuaan, hanya sebatas cara merawat kulit supaya tetap segar sehingga tampak awet muda.

 

 

 

About these ads

About Wahyu dobboel

ntar dah kita isi

Posted on 10 Desember 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: